Sup Rolade: Gurihnya Daging Gulung di Dalam Kuah Hangat!

Posted on

Resep Sup Rolade yang Lezat dan Praktis

Sup Rolade
Sup rolade merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Berasal dari Eropa, hidangan ini kemudian diadaptasi dan dimodifikasi dengan cita rasa yang lebih sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Sup rolade sendiri biasanya terdiri dari rolade daging sapi yang diisi dengan wortel, kentang, dan sayuran lainnya yang direbus dalam kaldu bersama-sama.

Untuk membuat sup rolade sendiri di rumah, bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Selain rolade daging sapi, bahan lainnya antara lain wortel, kentang, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, merica, kaldu sapi bubuk, dan sebagainya.

Cara membuat sup rolade juga tergolong cukup mudah. Pertama, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan rolade kedalamnya dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih. Setelah itu, masukkan wortel dan kentang yang sudah dipotong dadu kecil-kecil, serta bumbu lainnya seperti merica, garam, dan kaldu sapi bubuk. Aduk rata dan biarkan sampai sayuran matang.

Setelah semua bahan matang, sup rolade siap disajikan. Hidangan hangat ini cocok disantap bersama dengan nasi putih atau roti tawar. Selain itu, sup rolade juga dapat disajikan sebagai hidangan pembuka pada acara-acara tertentu, seperti makan malam keluarga atau acara kumpul-kumpul bersama teman dan sahabat.

Bahan-bahan untuk membuat sup rolade

Daging Sapi Cincang

Sup rolade terbuat dari daging sapi cincang. Pastikan kamu menggunakan daging sapi dengan kualitas yang baik dan bebas dari lemak. Potong daging menjadi potongan kecil untuk memudahkan dalam pengolahan.

Wortel

Wortel memberikan rasa manis dan warna segar pada sup rolade. Iris wortel tipis-tipis agar matang sempurna saat dimasak. Selain itu, wortel juga memberikan nilai gizi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bawang Bombay

Bawang Bombay memberikan rasa yang kaya dan pedas pada sup rolade. Potong bawang tipis-tipis dan tumis hingga harum. Sebelum menambahkan bawang ke dalam sup, pastikan tumisan tersebut sudah matang sempurna.

Kentang

Kentang memberikan rasa gurih dan tekstur lembut pada sup rolade. Potong kentang kecil-kecil dan rebus hingga matang. Kentang juga memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.

Selada

Tambahkan selembar selada segar di atas sup rolade saat selesai dimasak. Selada memberikan aroma segar dan memberikan vitamin serta nutrisi tambahan.

Jadi, itulah beberapa bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat sup rolade yang lezat dan bergizi. Jangan lupa tambahkan bumbu dan rempah sesuai selera kamu!

Cara Membuat Sup Rolade

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

– 300 gram daging cincang

– 3 butir telur

– 2 buah wortel, potong dadu kecil

– 1 buah kentang, potong dadu kecil

– 2 siung bawang putih, cincang halus

– 1/2 buah bawang bombay, iris tipis

– Air secukupnya

– Garam secukupnya

– Merica secukupnya

– Kaldu ayam secukupnya

– Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

2. Campurkan daging cincang dengan bawang putih, telur, garam, dan merica. Aduk hingga tercampur rata.

3. Tuang adonan daging ke atas selembar plastik wrap. Ratakan hingga berbentuk persegi panjang.

4. Letakkan potongan wortel dan kentang di atas adonan daging.

5. Gulung adonan daging hingga menutupi wortel dan kentang. Padatkan dan kencangkan gulungan daging.

6. Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan datar. Goreng gulungan daging hingga berubah warna. Angkat dan tiriskan.

7. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak goreng di atas wajan. Tambahkan air dan kaldu ayam secukupnya.

8. Masukkan gulungan daging ke dalam panci berisi air dan bumbu tumis. Masak hingga gulungan daging matang.

9. Sup rolade siap dihidangkan. Sajikan dalam mangkuk, tambahkan irisan daun bawang atau seledri sebagai pelengkap.

Penutup

Sup rolade merupakan makanan yang cocok dinikmati pada hari-hari dingin. Selain mudah dibuat, sup rolade juga bergizi karena mengandung protein daging dan vitamin dari sayuran. Yuk, coba buat sendiri sup rolade di rumah!

Saran Penyajian sup rolade

Sup rolade merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat terkenal. Hidangan ini terbuat dari daging cincang yang dibentuk seperti rolade dan direbus dalam kaldu yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Biasanya, sup rolade disajikan bersama dengan nasi atau mie, ditambah dengan taburan bawang goreng dan daun seledri.

Sup rolade merupakan hidangan yang sangat lezat dan menggugah selera. Namun, agar sup rolade terlihat lebih menarik dan enak saat disajikan, kita dapat memberikan beberapa saran dalam penyajiannya.

Pertama-tama, sup rolade dapat disajikan dalam mangkuk atau tatakan yang cantik dan menarik. Hal ini akan meningkatkan tampilan hidangan dan membuatnya terlihat lebih menarik bagi pengunjung. Selain itu, sup rolade juga dapat disajikan dengan beberapa irisan tomat atau mentimun untuk memberikan cita rasa segar pada hidangan.

Kedua, sup rolade dapat disajikan dengan nasi atau mie yang masih panas. Hal ini akan memberikan sensasi rasa yang lebih nikmat dan meningkatkan selera makan Anda dan tamu-tamu Anda. Selain itu, pilihan nasi atau mie yang tepat akan membantu meningkatkan kelezatan hidangan.

Ketiga, tambahkan taburan bawang goreng dan daun seledri ketika menyajikan sup rolade. Bawang goreng akan memberikan aroma yang khas dan menarik, sedangkan daun seledri akan memberikan kesegaran dan keseimbangan rasa yang tepat dengan hidangan.

Keempat, hidangan ini akan lebih nikmat dan lezat jika disajikan dengan acar, seperti acar timun atau acar keluak. Acar ini akan memberikan sensasi rasa yang segar dan menambahkan cita rasa yang tepat dengan hidangan.

Kelima, jika ingin membuat hidangan yang lebih menggugah selera, tambahkan potongan daging rolade yang segar saat menyajikan hidangan. Potongan daging rolade ini akan menambahkan cita rasa yang khas pada hidangan dan meningkatkan kelezatannya.

Nah, itu dia beberapa saran dalam penyajian sup rolade yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

Tips Memasak Sup Rolade

Sup rolade adalah masakan Indonesia yang sudah sangat terkenal oleh banyak orang. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang digulung dengan bahan-bahan lainnya seperti telur, sayur-sayuran, dan bumbu. Untuk membuat sup rolade yang enak dan lezat, maka ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti di bawah ini.

Pilih Bahan Berkualitas

Pilihlah bahan baku yang berkualitas untuk membuat sup rolade. Pilihlah daging sapi yang segar dan sudah terjamin kebersihannya. Selain itu pilih sayur-sayuran yang masih segar dan tidak layu.

Potong Daging Tipis Saja

Pisahkan daging dari lemak dan potong tipis tipis. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membentuk rolade nantinya. Jangan terlalu tebal karena akan mempengaruhi waktu memasak.

Tumis Bumbu Hingga Harum

Saat menumis bumbu, tiriskan dahulu minyak sebelum menumisnya. Kemudian menumis bumbu seperti jahe, bawang merah, dan bawang putih hingga harum dan terlihat berwarna emas.

Jangan Terlalu Banyak Pakai Santan

Santan yang terlalu banyak akan membuat sup rolade terasa berat dan mudah rusak. Gunakan santan secukupnya saja, yakni sesuai dengan selera kamu.

Gunakan Api Kecil Saat Memasak

Memasak sup rolade harus dengan api yang kecil dan diaduk secara perlahan agar rasa sup benar-benar meresap ke dalam joala daging.

Itulah beberapa tips dalam membuat sup rolade yang lezat dan enak. Selamat mencoba!

Kesimpulan: Resep Sup Rolade

Jika kamu mencari sesuatu yang berbeda untuk hidangan malam kamu, maka resep Sup Rolade ini mungkin akan menjadi pilihan yang tepat! Dengan bahan-bahan yang sederhana dan cara pembuatan yang mudah, kamu bisa membuat hidangan yang lezat dan bergizi ini di rumah.

Dalam resep ini, dada ayam dipanggang dan digulung dengan bahan-bahan yang menghasilkan kombinasi rasa dan tekstur yang sempurna. Setelah itu, rolade dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam kaldu ayam yang lezat. Hasilnya adalah sup yang penuh dengan rasa, kehangatan, dan kelezatan.

Selain rasanya yang nikmat, sup rolade juga kaya akan nutrisi. Ayam kaya akan protein dan kaldu ayam yang lezat mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Jadi, dengan menikmati hidangan ini, kamu tidak hanya memanjakan lidahmu tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatanmu.

Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan membagikannya kepada keluarga dan teman-temanmu. Mereka pasti akan terkesan dengan hidangan yang hanya kamu tahu cara membuatnya. Mari kita lengkapi waktu makan malam dengan hidangan yang lezat dan bergizi ini. Selamat mencoba!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Jangan lupa untuk membagikan resep ini dengan orang-orang terdekatmu. Terima kasih sudah membaca!