Resep Rolade Tahu Isi Ayam Lezat

Posted on

Ingin mencoba hidangan baru yang lezat yang mudah dibuat dan menyehatkan? Cobalah membuat rolade tahu isi ayam lezat ini di rumah! Tahu digulung ke dalam potongan daging ayam yang diisi dengan sayuran segar, membuat hidangan ini menjadi pilihan yang sempurna untuk makan malam atau acara spesial lainnya.

Untuk membuat rolade tahu isi ayam lezat ini, Anda akan membutuhkan bahan-bahan seperti tahu, daging ayam cincang, wortel, bawang putih, dan bumbu dapur favorit Anda. Langkah-langkahnya pun mudah untuk diikuti, sehingga Anda akan dapat menikmati hidangan yang lezat dalam waktu singkat.

Nikmati hidangan rolade tahu isi ayam lezat ini dengan keluarga dan teman-teman Anda. Percayalah, mereka pasti akan terkesan dan ingin mencoba resep ini sendiri!

Resep Rolade Tahu Isi Ayam Lezat

Rolade Tahu Isi Ayam Lezat
Siapa bilang tahu tidak bisa enak? Tahu merupakan bahan makanan yang banyak dijumpai di dalam dapur rumah tangga. Selain mudah didapatkan, ternyata tahu juga bisa diolah menjadi aneka macam hidangan yang lezat dan kaya gizi. Salah satunya adalah rolade tahu isi ayam. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, berikut ini resep sederhana dan praktis yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rolade tahu isi ayam ini cukup mudah, yaitu tahu putih, daging ayam cincang, bawang putih, merica, garam, tepung terigu, telur, tepung roti, minyak goreng, dan saus tomat. Untuk memasaknya, pertama-tama, tahu dikukus terlebih dahulu agar tidak mudah hancur saat diisi dengan adonan ayam. Kemudian, adonan ayam yang sudah diolah dengan bumbu-bumbu diisi ke dalam tahu dan dibungkus dengan cara digulung.

Setelah itu, tahu yang sudah terisi adonan ayam tersebut dicelupkan ke dalam telur dan tepung roti hingga merata, kemudian digoreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Saus tomat yang dibuat dengan bawang putih, gula, garam, merica, dan saus tomat akan semakin menambah citarasa dari hidangan ini.

Nah, bagaimana, cukup sederhana dan mudah bukan? Rolade tahu isi ayam ini bisa menjadi alternatif menu yang sehat dan enak untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Bahan-bahan untuk Membuat Resep Rolade Tahu Isi Ayam Lezat

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

– 4 buah tahu putih

– 250 gram daging ayam cincang

– 1 buah wortel, parut

– 1/2 buah bawang bombay, cincang halus

– 1 buah telur ayam

– 2 siung bawang putih, cincang halus

– Minyak goreng secukupnya

– Garam dan merica bubuk secukupnya

– Tusuk gigi secukupnya

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, buang kulit tahu, kemudian potong menjadi 4 bagian

2. Rebus tahu dalam air mendidih selama beberapa menit hingga tahu sedikit empuk

3. Setelah itu, dinginkan tahu dan keluarkan isi tahu menggunakan sendok kecil

4. Campurkan daging ayam cincang, bawang bombay, wortel, bawang putih, garam, dan merica bubuk. Aduk rata

5. Ambil satu sendok adonan ayam dan ratakan di atas tahu. Gulung tahu dan tusuk dengan tusuk gigi agar tidak lepas

6. Goreng rolade tahu hingga keemasan

7. Angkat rolade tahu dari minyak dan tiriskan

Penyajian:

Sajikan rolade tahu dengan kecap manis atau saus sambal untuk rasa yang lebih nikmat. Lezat disantap bersama nasi putih hangat dan sayuran segar.

Selamat mencoba resep rolade tahu isi ayam yang lezat! Nikmati kelezatan ini bersama keluarga dan teman-temanmu!

Resep Rolade Tahu Isi Ayam Lezat

Bahan-bahan:

  • 1 buah tahu sumedang
  • 250 gram dada ayam yang sudah digiling
  • 2 butir telur ayam
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 batang daun bawang yang sudah diiris halus
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

Pertama-tama, potong tahu sumedang menjadi dua bagian tipis lalu cukupi di air panas selama kurang lebih 5 menit. Angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, campurkan dada ayam yang sudah digiling dengan telur ayam, bawang putih yang sudah dihaluskan, daun bawang yang sudah diiris halus, kecap manis, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.

Ambil selembar tahu sumedang lalu olesi dengan campuran ayam yang sudah dibuat tadi. Gulung rapat dan sematkan dengan tusuk gigi.

Goreng rolade tahu isi ayam yang sudah dibuat tadi dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan matang di dalam.

Setelah itu, angkat dan tiriskan rolade tahu isi ayam. Sajikan dengan taburan daun bawang sebagai garnish.

Resep rolade tahu isi ayam yang lezat ini dapat disajikan sebagai hidangan kudapan atau makan siang. Selamat mencoba!

Saran Penyajian Resep Rolade Tahu Isi Ayam Lezat

Bagi penggemar kuliner yang menginginkan menu sehat tapi tetap nikmat, rolade tahu isi ayam bisa menjadi pilihan. Tekstur tahu yang lembut dengan cita rasa ayam yang gurih dapat meningkatkan selera makan keluarga.

Berikut adalah beberapa saran penyajian untuk resep rolade tahu isi ayam.

1. Pilih bahan-bahan dengan seksama

Pastikan bahan-bahan yang digunakan segar dan berkualitas. Pilih tahu jangan yang terlalu empuk untuk menghindari tahu hancur ketika diisi dengan ayam. Gunakan daging ayam tanpa tulang yang dihaluskan dengan bumbu ketumbar, bawang putih, garam, dan lada.

2. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan

Untuk mempermudah dalam menggulung rolade tahu, siapkan roti tawar, rol pin, kawat gigi, dan wadah untuk adonan. Sebelum digunakan, pastikan alat-alat yang digunakan dicuci bersih terlebih dahulu.

3. Penyajian rolade tahu isi ayam

Setelah berbentuk dan dimasak, potong rolade tahu menjadi irisan sekitar 1cm untuk memudahkan penyajian. Sajikan rolade tahu dengan saus sambal atau saus tomat agar lebih terasa nikmat.

4. Penyimpanan rolade tahu isi ayam

Untuk menyimpan rolade tahu, pastikan sudah dicampur dengan bumbu sesuai selera. Simpan dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas untuk mempertahankan kelezatan rolade tahu isi ayam lebih lama. Rolade tahu dapat disimpan selama 2-3 hari.

5. Varian rolade tahu isi ayam

Tambahkan sayuran seperti wortel dan kacang polong ke dalam isian ayam untuk menambahkan nutrisi dan rasa. Anda bisa eksperimen dengan resep dan menciptakan varian rolade tahu yang kreatif dan lebih lezat.

Dengan mengikuti saran penyajian rolade tahu isi ayam yang tepat dan merundingkan keinginan selera keluarga, masakan tersebut dapat diciptakan dengan mudah dan cepat. Nikmati rolade tahu isi ayam hangat yang siap memanjakan perut keluarga Anda.

Tips Membuat Rolade Tahu Isi Ayam Lezat yang Mudah dan Praktis

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat rolade tahu isi ayam, pastikan bahan-bahan berikut tersedia:

  • 1 blok tahu
  • 250 gram daging ayam cincang
  • 2 butir telur ayam
  • 3 siung bawang putih cincang halus
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Bawang merah goreng sebagai taburan

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat rolade tahu isi ayam yang lezat dan mudah:

  1. Pertama, haluskan tahu dengan garpu atau blender.
  2. Tambahkan daging ayam cincang, telur, bawang putih, tepung maizena, garam, dan lada ke dalam wadah. Aduk rata hingga tercampur merata.
  3. Ambil selembar daun pisang dan tambahkan campuran tahu dan ayam di atasnya. Bentuk campuran tahu dan ayam menjadi seperti rolade. Bungkus dengan daun pisang dan kawat atau tusuk gigi agar tidak terbuka.
  4. Rebus rolade tahu isi ayam dalam air bersih selama kurang lebih selama 15 menit.
  5. Jika sudah matang, angkat rolade tahu isi ayam. Tiriskan.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Gulungkan rolade tahu isi ayam tersebut ke dalam tepung panir hingga terbalut rata.
  7. Goreng rolade tahu isi ayam tersebut hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkatlah dan tiriskan.
  8. Tata rolade tahu isi ayam di atas piring dan taburi bawang merah goreng di atasnya.
  9. Sajikan rolade tahu isi ayam yang lezat dan siap dinikmati!

Dengan menggunakan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan, resep rolade tahu isi ayam ini dapat dengan mudah disajikan di rumah sebagai menu sarapan atau makan siang yang lezat. Penting untuk memperhatikan langkah-langkah dan bahan yang digunakan agar rolade tahu isi ayam yang dihasilkan dapat empuk, gurih, dan terasa lezat. Selamat mencoba!

Kesimpulan: Resep Rolade Tahu Isi Ayam yang Siap Membuat Lidah Anda Bergoyang

Siapa bilang kuliner vegetarian harus serba plain dan membosankan? Resep Rolade Tahu Isi Ayam ini akan membuktikan sebaliknya! Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang simpel, Anda bisa menyajikan hidangan vegetarian yang lezat, sehat, dan mengundang selera.

Tahu dan ayam bisa jadi adalah dua hal yang sangat berbeda, tapi di tangan yang tepat, keduanya bisa dipadukan menjadi hidangan yang spektakuler. Dengan bumbu-bumbu yang pas, isi ayam dalam rolade tahu akan memberikan sensasi berbeda yang sulit untuk dilupakan. Tidak hanya lezat, hidangan ini juga kaya nutrisi tinggi karena kandungan protein dari ayam dan kalsium dari tahu.

Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah sendiri. Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk share resep ini dengan keluarga dan teman-teman Anda sehingga mereka juga bisa merasakan nikmatnya hidangan vegetarian! Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.