Resep Mochi Isi Es Krim Lezat yang Mudah Dibuat

Posted on

Resep Mochi Isi Es Krim Lezat

Resep Mochi Isi Es Krim Lezat
Mochi merupakan kue tradisional Jepang yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Biasanya, mochi terdiri dari tepung ketan yang dibentuk menjadi bulat dan diisi dengan adonan manis di dalamnya. Namun, saat ini mochi sudah banyak varian rasa dan isian, salah satunya yaitu mochi isi es krim. Kombinasi antara tekstur mochi yang kenyal dan segarnya es krim membuat makanan ini menjadi favorit para pencinta kuliner.

Untuk membuat mochi isi es krim, pertama-tama kita harus menyediakan bahan-bahan seperti tepung ketan, gula, air, pewarna makanan, dan es krim kesukaan kamu. Campurkan tepung ketan dan gula secukupnya dan tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan bisa dipulung. Bagi adonan sesuai dengan pilihan warna dan beri pewarna makanan secukupnya. Sambil menunggu adonan siap, kita bisa menyiapkan es krim dalam lemari es.

Setelah adonan siap, ambil sepotong kecil adonan dan pipihkan hingga tipis. Tempatkan bola es krim di atasnya dan bungkus dengan rapat menggunakan adonan mochi. Ulangi langkah tersebut sampai semua es krim habis. Setelah itu, kukus mochi yang sudah berisi es krim tersebut selama kurang lebih 10-15 menit.

Mochi isi es krim siap dihidangkan dan dinikmati! Kamu bisa menambahkan taburan sesuai dengan selera, seperti kacang, cokelat serut, atau buah-buahan segar. Jangan lupa untuk menyimpan sisa mochi yang belum dimakan di dalam kulkas agar tetap segar.

Nah, itulah resep mochi isi es krim yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah dibuat, makanan ini juga cocok disajikan di acara keluarga atau sebagai camilan di waktu senggang. Selamat mencoba!

Bahan-bahan untuk Membuat Resep Mochi Isi Es Krim Lezat

Bahan Mochi:

– 1 1/4 cangkir tepung ketan

– 1/4 cangkir gula pasir

– 1 cangkir air

– pewarna makanan sesuai selera

– tepung maizena untuk taburan

Bahan Es Krim:

– 500 ml es krim vanila

– 1/2 cangkir ceri segar, potong kotak-kotak kecil

– 1/2 cangkir coklat chips

Untuk membuat mochi, campurkan tepung ketan, gula pasir, dan air dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Aduk kembali until tercampur rata.

Siapkan kukusan dan lapisi dengan kain basah. Panaskan air di dalam kukusan hingga mendidih. Setelah itu, tuang adonan mochi ke dalam kukusan dengan menggunakan sendok sayur.

Read more:

Steam selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, angkat dan taruh di atas wadah yang telah ditaburi tepung maizena. Gulingkan hingga mochi tidak lengket. Sisihkan.

Sedangkan untuk membuat isian es krim, campurkan es krim vanila, ceri segar yang telah dipotong, dan coklat chips. Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, taruh es krim ke dalam wadah dan simpan di dalam freezer selama 1 jam.

Setelah es krim membeku, susun isian di atas mochi yang telah dipotong-potong. Lipat mochi menjadi segitiga dan tekan bagian tepinya dengan jari agar terlihat rapi. Sajikan dalam porsi yang kecil dan nikmati.

Cara Membuat Mochi Isi Es Krim yang enak dan lezat

Bahan-bahan yang Diperlukan

– 1 1/2 cangkir tepung ketan

– 1/4 cangkir gula pasir

– 1/4 sendok teh garam

– 1 1/4 cangkir air

– Pewarna makanan

– Isian es krim (pilih sesuai selera)

Langkah-langkah

1. Campurkan tepung ketan, gula pasir, dan garam dalam sebuah mangkuk besar.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi kenyal dan tidak lengket pada tangan.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera masing-masing.

4. Ambil satu bagian adonan dan pipihkan hingga menjadi lingkaran seluas telapak tangan.

5. Masukkan isian es krim ke dalam lingkaran adonan yang sudah dipipihkan tadi.

6. Rapatkan adonan, lalu bulatkan sehingga isian es krim terbungkus rapat.

7. Ulangi langkah 4-6 sampai adonan habis.

8. Rebus air dalam panci dan tunggu sampai air mendidih.

9. Masukkan bola-bola mochi ke dalam air mendidih dan aduk perlahan agar bola-bola tidak saling menempel.

10. Angkat bola-bola mochi setelah 3-5 menit atau saat bola-bola sudah terapung di permukaan air.

Penyajian

Mochi isi es krim siap disajikan dan dinikmati. Anda bisa menyimpannya dalam freezer terlebih dahulu untuk mendapatkan sensasi makan mochi yang dingin dan menyegarkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda dapat membuat mochi isi es krim secara mudah dan cukup menguras waktu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Saran Penyajian Resep Mochi Isi Es Krim Lezat

Kenapa Mochi Isi Es Krim begitu Populer?

Mochi adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari tepung ketan. Mochi biasanya disajikan dalam bentuk bola kecil dan memiliki rasa yang lembut serta kenyal di dalam mulut. Mochi juga sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam bahan, termasuk es krim yang membuat hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Cara Membuat Mochi Isi Es Krim

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mochi isi es krim yang lezat ini adalah tepung ketan, gula, air, es krim (sesuai selera), dan tepung maizena. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat mochi isi es krim yang lezat:

1. Campurkan tepung ketan, air, dan gula dalam mangkuk dan aduk hingga campuran tercampur dengan sempurna.

2. Tuang campuran tepung ke dalam wadah berbentuk kotak dan ratakan dengan sendok.

3. Kukus adonan selama 25-30 menit hingga matang.

4. Setelah matang, angkat adonan dan biarkan dingin.

5. Setelah dingin, taburi tepung maizena di atas permukaan adonan agar tidak lengket.

6. Potong adonan menjadi potongan-potongan kecil yang sesuai dengan ukuran bola es krim yang telah Anda siapkan.

7. Bungkus bola es krim dengan potongan-potongan adonan mochi.

8. Dinginkan dalam freezer selama beberapa menit hingga mochi mengeras.

Cara Penyajian Mochi Isi Es Krim

Setelah mochi isi es krim telah siap, langkah selanjutnya adalah menyajikan dengan menambahkan topping sesuai dengan selera. Anda bisa menambahkan saus coklat, sirup buah-buahan, atau buah segar yang dipotong-potong untuk memberikan sentuhan yang segar pada mochi isi es krim Anda.

Mochi isi es krim merupakan hidangan yang cocok dinikmati pada musim panas. Kenyalnya adonan mochi yang dipadukan dengan cita rasa es krim yang creamy membuat sensasi nikmat yang sulit dilupakan. Pastikan Anda mencoba membuat dan menyajikan mochi isi es krim ini untuk keluarga dan teman Anda. Selamat mencoba!

Tips Membuat Mochi Isi Es Krim Yang Lezat

Mochi adalah salah satu jajanan pasar legendaris dari Jepang yang terbuat dari tepung ketan. Kudapan ini biasanya diisi dengan aneka rasa seperti kacang, coklat, atau buah-buahan. Namun, sekarang telah ada varian baru yaitu mochi isi es krim yang semakin populer di Indonesia. Jika Anda ingin membuatnya di rumah, berikut adalah beberapa tips untuk membuat mochi isi es krim yang lezat:

1. Gunakan Tepung Ketan Kualitas Terbaik

Tepung ketan adalah bahan utama dalam pembuatan mochi. Pilihlah tepung ketan yang berkualitas baik dan cocok untuk membuat mochi. Pastikan juga bahwa tepung ketan yang digunakan halal dan tanpa bahan pengawet atau pewarna. Gunakan air mineral untuk membuat adonan tepung ketan agar kualitas mochi Anda semakin baik.

2. Pilih Es Krim Berkualitas

Pilih es krim favorit Anda untuk diisi di dalam mochi. Pastikan es krim yang Anda gunakan berkualitas baik dan tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Jangan lupa untuk memilih rasa yang sesuai dengan selera Anda.

3. Ciptakan Warna Dan Rasa Beragam

Anda bisa menciptakan mochi isi es krim dengan berbagai macam warna dan rasa yang beragam agar terlihat menarik dan bervariasi. Gunakan pewarna makanan alami, seperti daun pandan atau campuran buah dan sayuran, untuk memberikan warna yang menarik. Tambahkan pula ekstrak buah-buahan atau coklat untuk memberikan varian rasa.

4. Perhatikan Konsistensi Adonan

Jangan terlalu banyak atau kurang menggunakan tepung ketan pada adonan mochi. Pastikan juga untuk mengaduk adonan hingga benar-benar rata, sehingga konsistensinya menjadi seperti jelly. Ini akan memastikan mochi Anda tidak keras atau terlalu lengket.

5. Gunakan Alat Pencetak

Untuk membuat mochi isi es krim yang sempurna, berinvestasilah pada alat pencetak mochi agar hasilnya lebih konsisten. Alat pencetak ini tersedia di toko-toko online dengan berbagai macam bentuk.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam membuat mochi isi es krim yang lezat. Selamat mencoba!

Kesimpulan: Resep Mochi Isi Es Krim Lezat

Siapa yang tidak suka dengan makanan manis lembut seperti mochi dan es krim yang lezat? Kombinasi dua makanan yang disukai banyak orang ini menghasilkan makanan penutup yang benar-benar menggoda untuk dicicipi. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah, dan jangan khawatir, kamu tidak memerlukan banyak bahan-bahan mahal untuk membuatnya.

Spesialis mochi akan tahu bahwa membuat mochi tidaklah mudah. Tetapi dengan resep yang tepat, kamu dapat membuat mochi yang lezat dan lembut. Dan bila kamu ingin mencoba sesuatu yang baru, cobalah untuk mengisi mochi dengan es krim favoritmu. Hasilnya? Lebih dari sekedar lezat, kamu akan merasakan sensasi es krim yang dingin dengan mochi yang kenyal.

Membuat mochi isi es krim benar-benar mudah. Kamu hanya perlu membuat adonan mochi dari tepung ketan, campuran gula, dan air, dan kemudian digoreng kecil-kecil. Setelah itu, potong mochi dan tambahkan bola-bola es krim. Bungkuslah mochi dan es krim dan taraaa! Penutup yang lezat itu siap!

Jadi, ayo mainkan dengan rasa makanan penutup favoritmu dan cobalah membuat mochi isi es krim di rumah. Dan jangan lupa, bagikan resep ini kepada teman-temanmu agar mereka juga bisa mencicipi mochi isi es krim yang lezat ini. Sampai jumpa di resep berikutnya!