Resep Sate Telur sebagai Camilan yang Lezat

Posted on

Resep Membuat Sate Telur sebagai camilan yang Lezat dan Gampang

Olahan sate telur yang diarahkan dari atas ke bawah dengan warna cerah

Sate telur yang biasa dikenal sebagai camilan khas dari Jawa ini, sangat pas dinikmati ketika sedang bersantai dirumah atau saat berkumpul dengan teman dan keluarga. Dapat dihidangkan dalam berbagai cara, mulai dari sate dengan saus kacang, sate dengan saus kecap, sate dengan bumbu rempah, hingga sate goreng tepung.

Membuat sate telur sebagai camilan yang lezat dan gampang tidaklah sulit. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan tidaklah banyak dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut ini beberapa resep sate telur yang bisa kamu coba di rumah.

Resep sate telur dengan saus kacang dan kecap. Bahan yang dibutuhkan: 10 butir telur ayam, bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, minyak goreng, garam, gula merah secukupnya, sambal rawit atau cabe rawit iris (jika suka), saus kacang, saus kecap manis. Langkah awal yang dilakukan adalah merebus telur, dan tambahkan garam kedalam air rebusan. Sementara itu, bumbui telur dengan bawang putih, bawang merah, kunyit dan ketumbar, masukkan telur kedalam adonan bumbu yang sudah dibuat dan biarkan meresap selama minimal 15 menit. Menyantap sate telur dengan saus kacang dan kecap, pasti akan membuat lidahmu bergoyang.

Resep sate telur dengan bumbu rempah. Bahan yang dibutuhkan: 15 butir telur ayam, merica, ketumbar, bawang putih, garam, gula merah, minyak sayur secukupnya, daun jeruk, lengkuas, dan laos. Cara membuat: rebus telur hingga kuning matang, sementara itu haluskan bawang putih, ketumbar, dan merica, tumis dengan minyak sayur, dan masukkan daun jeruk, lengkuas, dan laos. Kemudian masukkan telur kedalam adonan bumbu yang sudah dibuat, aduk rata, dan diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap. Setelah itu tusukan telur dengan tusuk sate dan panggang atau goreng sampai matang. Lezatnya sate telur dengan bumbu rempah akan membuat kamu ketagihan.

Resep sate telur goreng tepung yang gurih. Bahan yang dibutuhkan: 10 butir telur ayam, tepung sagu, tepung terigu, air es secukupnya, minyak goreng. Cara membuat: kocok telur dan masukkan dalam wadah, secukupnya garam dan merica, aduk rata. Masukkan tepung sagu dan tepung terigu sedikit-sedikit hingga adonan tidak terlalu cair atau kental. Panaskan minyak goreng dan celupkan tusuk sate pada telur yang sudah diberi adonan, lalu celupkan telur ke dalam adonan tepung hingga merata. Goreng sate telur dengan api sedang hingga matang dan berwarna keemasan. Sate telur goreng tepung siap dinikmati.

Bahan-Bahan untuk Membuat Sate Telur

Bahan Utama:

– 6 butir telur ayam rebus

– 300g daging ayam fillet

– 10 tusuk sate

– 2 sendok makan minyak sayur

Bumbu untuk Marinasi:

– 2 siung bawang putih

– 1 sendok makan ketumbar bubuk

– 1 sendok makan gula merah

Read more:

– 1 sendok teh kunyit bubuk

– 3 sendok makan kecap manis

– 1 buah jeruk nipis, ambil airnya saja

Cara Pembuatan:

1. Iris daging ayam fillet menjadi kecil-kecil sesuai selera dan sisihkan.

2. Haluskan bawang putih, ketumbar, gula merah, kunyit, kecap manis, dan air jeruk nipis menjadi satu dan aduk rata.

3. Ambil satu mangkuk dan campurkan daging ayam dengan bumbu marinasi tersebut. Aduk rata dan diamkan selama 30 menit dalam lemari es biar bumbu meresap ke daging.

4. Siapkan tusuk sate dan tata setiap tusukannya dengan satu butir telur rebus dan potongan daging ayam yang telah dimarinasi tadi

5. Panaskan minyak sayur dalam wajan cukup lebar. Panggang sate telur hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan siap disajikan. Nikmati saat masih panas sebagai camilan yang lezat.

Jadi, itulah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat sate telur ayam yang lezat sebagai camilan. Selamat mencoba!

Cara Mudah Membuat Sate Telur

Sate telur adalah salah satu camilan yang mudah dan cepat dibuat. Nikmati sensasi gurih dan lezat dari kombinasi telur dan bumbu sate yang enak. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk membuat sate telur yang dapat dicoba di rumah.

Bahan yang diperlukan

– 6 butir telur ayam

– 4 sendok makan kecap manis

– 3 siung bawang putih, cincang halus

– 2 sendok makan margarin atau minyak goreng

– 1 sendok teh garam

– 1 sendok teh merica bubuk

– 8 tusuk sate

Cara membuat

1. Rebus air dalam panci hingga mendidih, kemudian masukkan telur dan rebus selama 10 menit hingga matang.

2. Tiriskan telur dan dinginkan. Setelah itu kupas dan sisihkan.

3. Panaskan margarin atau minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bawang putih hingga harum.

4. Masukkan kecap manis, garam, dan merica bubuk, aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

5. Iris tipis-tipis telur dan tusuk dengan tusuk sate.

6. Lumuri telur dengan bumbu yang telah disiapkan pada langkah keempat.

7. Panggang sate telur di atas panggangan yang telah dipanaskan hingga matang kecoklatan.

Sate telur siap disajikan sebagai camilan. Nikmati sensasi gurih dan lezat dari sate telur yang mudah dan cepat dibuat ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Menyajikan Sate Telur Sebagai Camilan yang Lezat

Sate telur adalah camilan yang mudah untuk disajikan dan dipersiapkan. Selain itu, rasa yang gurih dan nikmat membuat camilan ini menjadi pilihan yang tepat untuk keluarga dan teman-teman saat berkumpul. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menyajikan sate telur sebagai camilan yang enak dan lezat.

Persiapan Awal

Sebelum membuat sate telur, pastikan semua bahan sudah tersedia. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain telur, daging ayam atau daging sapi, bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, jahe, dan gula merah. Jika ingin menambahkan bumbu yang lain, seperti saus sate atau kecap, pastikan juga bahan tersebut sudah disiapkan.

Cara Membuat Sate Telur

Setelah semua bahan siap, hal yang perlu dilakukan adalah memasak telur terlebih dahulu. Rebus telur dalam air mendidih selama 10 menit hingga matang. Kemudian kupas telur dan iris menjadi bagian-bagian kecil. Potong daging ayam atau daging sapi menjadi ukuran yang sama dengan ukuran irisan telur.

Campurkan telur iris dan daging ayam atau sapi. Kemudian tambahkan bumbu-bumbu yang telah disiapkan dan aduk rata. Tusuk adonan telur dan ayam/sapi di tusuk sate dan panggang hingga matang.

Penyajian Sate Telur

Setelah sate telur matang, sajikan dengan diiringi saus sate atau kecap sebagai pelengkap. Tambahkan irisan bawang bombay atau seledri sebagai hiasan dan penambah rasa. Sate telur siap disajikan sebagai camilan yang nikmat.

Keunikan Sate Telur

Sate telur memiliki keunikan tersendiri karena kombinasi antara telur dan daging. Selain itu, sate telur biasanya dipadukan dengan kecap maupun saus sate yang memberikan rasa yang pas dan menyegarkan. Tampilan sate telur yang unik dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri.

Membuat sate telur sangat mudah dan bisa disajikan sebagai camilan yang enak dan lezat. Dalam proses pembuatan, pastikan semua bahan siap terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah secara teliti. Penyajian sate telur juga bisa disesuaikan dengan selera, disajikan dengan kecap atau saus sate yang ditambahkan irisan bawang bombay atau seledri sebagai hiasan dan penambah rasa. Yuk, coba buat sendiri di rumah!

Tips Membuat Sate Telur sebagai Camilan yang Lezat dan Mudah

Sate telur menjadi salah satu camilan yang lezat dan mudah dibuat. Biasanya sate telur dijadikan camilan saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Namun, beberapa orang masih kurang menguasai teknik pembuatan sate telur yang enak. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuat sate telur.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate telur adalah telur ayam, saus sate, garam, merica, tepung sagu, dan minyak goreng.

Cara Membuat

– Pertama-tama, rebus telur ayam sampai matang. Setelah itu, kupas kulit telur dan potong-potong sesuai selera.

– Campurkan saus sate dengan sedikit air, garam, dan merica sesuai selera. Aduk rata.

– Celupkan potongan telur ke dalam campuran saus sate tersebut.

– Balur telur dengan tepung sagu.

– Tusuk potongan telur ke tusuk sate.

– Goreng sate telur dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan sampai matang.

– Angkat sate telur dan tiriskan minyaknya.

– Sajikan sate telur dengan sambal atau kecap manis.

Beberapa Tips Penting

– Tepung sagu dapat diganti dengan tepung terigu sesuai selera.

– Untuk membuat sate telur yang enak, pastikan saus sate yang digunakan berkualitas.

– Jangan terlalu lama menggoreng sate telur agar tidak kelewat matang dan kering.

– Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam dan merica untuk memberikan cita rasa pada sate telur.

Dengan menggunakan tips-tips tersebut, Anda dapat membuat sate telur yang lezat dan mudah. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat sate telur sebagai camilan saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Selamat mencoba!

Bikin Camilan Sate Telur yang Praktis dan Enak

Kamu lagi pengen camilan yang gampang dibuat tapi enggak mau rugi rasanya? Yuk coba bikin sate telur! Camilan yang satu ini praktis banget bikinnya dan pastinya rasanya super enak.

Untuk membuat sate telur, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sederhana seperti telur ayam, bawang putih, garam, dan lada. Kamu bisa menggunakan tusuk sate atau tongkat es krim sebagai pengganti batang sate.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kocok telur ayam beserta bawang putih, garam, dan lada hingga merata. Lalu, tuang adonan telur ke dalam cetakan atau wadah kecil yang dicelupkan ke dalam air agar telurnya tidak lengket. Setelah itu, tusuk telur dengan tikungan tongkat es krim atau tusuk sate dan panggang hingga matang sambil dibolak-balik supaya matang merata.

Sate telur siap dinikmati dengan bumbu kacang atau sambal kecap, sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti daun bawang atau wortel cincang agar makin nikmat.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep sate telur ini di rumah dan nikmati camilan yang praktis dan enak kapan saja. Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan keluarga agar mereka juga bisa menikmatinya.

Sampai jumpa di artikel lainnya!