Resep Apem Kukus Pandan ala Malaysia yang Lezat

Posted on

Apem Kukus Pandan Apem Malaysia

Apem kukus pandan atau apam Malaysia adalah salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kue ini biasanya terbuat dari tepung beras atau tepung ketan yang diberi santan dan gula sebagai bahan dasarnya. Apem kukus pandan memiliki tekstur yang kenyal serta rasa yang manis dan harum berkat penggunaan pewarna pandan pada adonannya.

Untuk membuat apem kukus pandan ini, kita membutuhkan berbagai bahan seperti tepung beras atau ketan, santan, gula, ragi, air pandan, dan garam. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan dengan proporsi yang tepat hingga membentuk adonan yang kental dan berwarna hijau khas pandan.

Cara membuat apem kukus pandan ini cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan hingga tercampur rata, aduk-aduk hingga adonan menjadi lembut dan kental. Kemudian, diamkan selama beberapa menit hingga adonan mengembang. Setelah itu, tuangkan sedikit adonan pada cetakan yang sudah diolesi minyak atau dibungkus dengan daun pisang. Kemudian kukus selama kurang lebih 10-15 menit hingga matang dan siap disajikan.

Apem kukus pandan ini biasanya disajikan sebagai camilan untuk keluarga atau teman-teman. Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya, cobalah untuk mengikuti resep ini dan nikmati sensasi rasanya yang kenyal, manis, dan lembut. Selamat mencoba!

Bahan-bahan untuk membuat Apem Kukus Pandan Apem Malaysia

Bahan-bahan:

– 150 gram tepung beras

– 50 gram tepung ketan

– 60 gram gula pasir

– 1/2 sendok teh ragi

– 250 ml air matang

– 1 lembar daun pandan

– 1/4 sendok teh pewarna hijau muda

– 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:

1. Campur tepung beras, ketan, gula pasir, ragi, dan garam dalam mangkuk.

2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan tercampur rata dan licin.

3. Masukkan daun pandan yang telah diiris tipis-tipis dan pewarna hijau muda ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur.

4. Diamkan adonan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang.

5. Setelah adonan mengembang, kukus dalam loyang yang telah dioles minyak selama 20-25 menit atau hingga matang.

6. Angkat dan biarkan dingin sejenak sebelum dihidangkan.

Itulah bahan-bahan dan cara membuat Apem Kukus Pandan Apem Malaysia yang mudah dan praktis untuk diikuti. Apem ini dapat dihidangkan sebagai makanan ringan atau camilan sore hari bersama keluarga. Selamat mencoba!

Langkah-langkah membuat Apem Kukus Pandan Apem Malaysia

Bahan yang dibutuhkan:

– 2 cangkir tepung beras

– 1 cangkir tepung terigu

– 1 cangkir gula pasir

– 3 sendok teh ragi instan

– 3 sendok makan air kapur sirih

– 2 tetes pewarna pandan

– 1/4 sendok teh garam

– 4 cangkir air matang

– Daun pisang secukupnya

Cara membuat:

1. Campur tepung beras, tepung terigu, dan gula pasir dalam sebuah wadah.

2. Tambahkan ragi instan, air kapur sirih, pewarna pandan, dan garam. Aduk rata.

3. Masukkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi encer.

4. Tutup wadah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

5. Setelah 30 menit, adonan akan menjadi bergelembung dan siap untuk dikukus.

6. Siapkan alat kukusan dan daun pisang sebagai alas. Olesi daun pisang dengan minyak agar tidak lengket.

7. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diletakkan di atas daun pisang. Jangan terlalu penuh karena adonan akan membesar.

8. Kukus selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang.

9. Angkat dan biarkan dingin sebentar sebelum disajikan.

Kini Apem Kukus Pandan Apem Malaysia siap dinikmati! Selamat mencoba.

Saran Penyajian Apem Kukus Pandan Apem Malaysia

Apem kukus pandan, salah satu jenis kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Apem ini umumnya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sehingga cocok disajikan sebagai hidangan pencuci mulut atau snack. Namun, bagaimana agar apem kukus pandan ini tetap terasa enak dan lezat ketika disajikan? Berikut beberapa saran dalam penyajiannya.

1. Sajikan dalam kondisi masih hangat

Agar apem kukus pandan tetap lembut dan sedap, sebaiknya sajikan dalam kondisi masih hangat. Apem pada dasarnya terbuat dari adonan tepung, gula dan bahan lainnya yang melalui proses pengukusan. Jika apem sudah dingin, kemungkinan besar akan terasa lebih kering dan keras. Maka, setelah proses pengukusan selesai, segera angkat dan sajikan secara langsung.

2. Beri topping sesuai selera

Untuk menambah variasi rasa pada apem kukus pandan, sebaiknya tambahkan topping seperti kelapa parut atau gula merah cair. Kelapa parut yang digunakan bisa disangrai terlebih dahulu agar terasa lebih gurih. Gula merah cair juga bisa dibuat sendiri dengan merebus gula merah bersama air hingga mengental. Pastikan porsi topping yang diberikan secukupnya agar tidak terlalu manis.

3. Penyimpanan yang tepat

Jika Anda hendak menyimpan apem kukus pandan, sebaiknya lakukan dengan cara yang benar. Letakkan apem dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas. Sebelum menyimpan, dinginkan dulu apem kukus pandan hingga suhu ruang terlebih dahulu.

4. Jangan terlalu lama disimpan

Kue dan makanan yang terlalu lama disimpan biasanya akan cepat basi dan rusak. Hal ini juga berlaku pada apem kukus pandan. Sebaiknya, konsumsi apem secepat mungkin setelah proses pembuatannya selesai dan jangan biarkan terlalu lama di dalam kulkas.

5. Haiwati sajian apem dengan teh atau kopi

Agar sensasi makan apem kukus pandan semakin sempurna, nikmati dengan menikmati teh atau kopi. Minuman ini akan membantu mempercepat proses pencernaan dan membuat sensasi rasa menjadi lebih mengunyah.

Itulah beberapa saran dalam penyajian apem kukus pandan yang lezat dan menggugah selera. Nikmati sensasi lembut dan manis yang dihadirkan oleh apem kukus pandan ini!

Tips Membuat Apem Kukus Pandan Ala Malaysia yang Lezat dan Empuk

Apem kukus pandan adalah salah satu makanan tradisional Malaysia yang sangat populer. Tampilannya yang menarik serta rasanya yang unik menjadikan apem kukus pandan ini menjadi salah satu kudapan yang paling disukai oleh masyarakat Malaysia dan juga Indonesia. Jika Anda ingin mencoba membuat apem kukus pandan ala Malaysia di rumah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Pilih Bahan yang Berkualitas

Langkah pertama untuk membuat apem kukus pandan yang enak adalah dengan memilih bahan-bahan yang berkualitas. Pastikan Anda menggunakan tepung beras yang kualitasnya bagus dan tepung terigu yang serba guna. Selain itu, pilih juga santan yang segar dan air daun pandan asli untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada apem kukus pandan Anda.

Tepung Beras Vs Tepung Terigu

Tepung beras dan tepung terigu adalah bahan yang sangat penting dalam membuat apem kukus pandan. Tepung beras memberikan tekstur yang kenyal sementara tepung terigu akan memberikan rasa yang lembut dan empuk. Gunakan perbandingan tepung beras dan tepung terigu sesuai selera Anda. Jangan lupa untuk menyaring tepung beras agar terhindar dari adanya gumpalan kecil yang mengganggu.

Adonan yang Kental dan Lembut

Untuk membuat apem kukus pandan yang sempurna, adonan harus memiliki konsistensi yang kental dan lembut. Salah satu cara agar adonan menjadi kental dan lembut adalah dengan mengaduknya secara perlahan dan merata. Tambahkan sedikit-sedikit air pandan hingga adonan menjadi lembut dan tidak terlalu kental.

Pemanasan Wajan yang Tepat

Salah satu hal yang penting dalam membuat apem kukus pandan yang lezat adalah pemanasan wajan yang tepat. Pastikan Anda menggunakan wajan yang tepat dan panaskan wajan sebelum menggunakan adonan. Jangan lupa untuk mengetes suhu dengan cara meneteskan sedikit air pada permukaan wajan. Jika air langsung menguap, maka suhu sudah cukup panas dan siap untuk digunakan.

Pengukusan yang Tepat

Setelah membuat adonan dan mencetak apem kukus pandan, langkah selanjutnya adalah pengukusan. Pastikan Anda mengukus apem kukus pandan selama 10-15 menit dengan api sedang. Jangan membuka tutup panci selama proses pengukusan agar apem kukus pandan menjadi empuk dan tidak kempes.

Penyajian Apem Kukus Pandan

Setelah matang, apem kukus pandan siap disajikan. Untuk memberikan tampilan yang menarik, taburi apem kukus pandan dengan kelapa parut dan sajikan dengan kuah gula merah atau madu sesuai selera. Apem kukus pandan siap disajikan dan dinikmati.

Itulah beberapa tips untuk membuat apem kukus pandan ala Malaysia yang lezat dan empuk. Selamat mencoba!

Kesimpulan: Resep Apem Kukus Pandan Apem Malaysia Yang Menggoda Selera!

Bagi pecinta kuliner khas Asia, apem kukus tentunya tak asing lagi. Resep kue tradisional yang satu ini memang sudah lama digemari. Apem kukus pandan ala Malaysia ini menjadi sajian yang sangat menggugah selera.

Dibuat dengan bahan-bahan dasar yang sederhana dan mudah didapatkan, resep Apem Kukus Pandan Apem Malaysia juga cukup mudah untuk dipraktikkan di rumah. Selain mudah dibuat, rasanya yang lembut dan manis tentunya sulit untuk ditolak.

Sebagai pecinta kuliner, tak ada salahnya untuk mencoba resep Apem Kukus Pandan Apem Malaysia ini. Rasakan kelezatan kue tradisional Malaysia yang sangat khas, dan nikmati bersama keluarga atau teman saat berkumpul bersama.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kenikmatan dari resep Apem Kukus Pandan Apem Malaysia ini. Bagikan info ini kepada orang lain, dan ajak mereka untuk bergabung dalam merasakan kenikmatan kuliner tradisional Asia.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!