Resep Cimol yang Gurih dan Renyah

Posted on

Gambar Cimol

Cimol adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung aci yang digoreng dengan menggunakan minyak panas. Cimol memiliki tekstur yang kenyal dan enak, serta rasanya yang gurih dan pedas. Oleh karena itu, Cimol banyak disukai oleh masyarakat Indonesia terutama sebagai jajanan di saat santai bersama keluarga atau teman-teman.

Asal-usul Cimol sendiri berasal dari daerah Bandung, Jawa Barat pada tahun 1970-an. Awalnya, Cimol merupakan makanan yang hanya dikenal di kalangan masyarakat kecil dan tidak terlalu dikenal di kalangan umum. Namun, seiring berjalannya waktu, Cimol semakin populer dan dikenal hingga ke seluruh Indonesia.

Kenapa Cimol Populer? Selain karena rasanya yang enak, Cimol juga bisa menjadi alternatif camilan yang murah dan mudah ditemukan di berbagai tempat. Selain itu, Cimol juga memiliki berbagai variasi rasa yang bisa dipilih sesuai dengan selera, seperti pedas, keju, manis, dan lain-lain.

Bahan-Bahan Cimol

Gambar Bahan-Bahan Cimol

Cimol adalah salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar. Berikut adalah bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat cimol:

  • Tepung kanji
  • Tepung terigu
  • Bawang putih parut
  • Bawang merah parut
  • Garam
  • Gula
  • Kaldu jamur
  • Air

Tepung kanji dan tepung terigu adalah bahan utama dalam membuat adonan cimol. Bahan ini digunakan untuk membuat tekstur cimol yang kenyal dan lembut. Selain itu, bawang putih dan bawang merah yang sudah diparut akan memberikan rasa gurih yang khas pada cimol.

Garam dan gula digunakan sebagai penambah rasa pada adonan cimol. Kaldu jamur juga bisa ditambahkan untuk memberikan rasa sedikit asin pada cimol. Air digunakan untuk mengencangkan adonan agar mudah dibentuk menjadi bola-bola kecil.

Demikianlah beberapa bahan yang digunakan untuk membuat cimol. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat cimol sendiri di rumah.

Read more:

Cara Membuat Adonan Cimol

Cara Membuat Adonan Cimol

Cimol merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan bawang putih, garam, dan penyedap rasa lainnya. Cimol biasanya disajikan dengan sambal kacang atau saus tomat.

Mencampurkan Bahan-Bahan

Untuk membuat adonan cimol, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 150 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Campurkan tepung terigu, garam, dan bawang putih yang sudah dihaluskan dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan tangan atau sendok kayu.

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket pada tangan. Jika terlalu lembek, tambahkan tepung terigu sedikit-sikit hingga adonan bisa diuleni dengan baik.

Menguleni Adonan

Setelah adonan tercampur rata, uleni adonan selama kurang lebih 10 menit hingga adonan elastis dan tidak lengket pada tangan. Uleni adonan dengan gerakan memutar ke arah yang sama.

Setelah diuleni, bentuk adonan cimol menjadi bola-bola kecil dengan diameter sekitar 2-3 cm.

Istirahatkan Adonan

Setelah dibentuk, istirahatkan adonan cimol selama kurang lebih 10-15 menit supaya adonan bisa mengembang. Letakkan adonan cimol di atas loyang atau wadah yang telah diolesi dengan minyak goreng agar tidak lengket.

Cimol siap digoreng jika sudah mengembang dan agak keras ketika disentuh. Goreng cimol dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Adonan cimol siap disajikan dengan sambal kacang atau saus tomat.

Teknik Membuat Cimol

Resep Cimol

Cimol adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan bahan-bahan lainnya. Cimol memiliki tekstur yang kenyal dan bumbu yang gurih, sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan. Berikut adalah teknik membuat cimol:

1. Membentuk Adonan Menjadi Bulatan Kecil

Pertama-tama, campurkan tepung tapioka dengan air hangat dan aduk hingga tercampur dengan baik. Tambahkan bawang putih cincang, daun bawang cincang, garam, dan kaldu bubuk. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bulatkan dengan ukuran yang sama.

2. Merebus Adonan Cimol

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Masukkan adonan cimol ke dalam air mendidih dan masak hingga adonan mengapung. Angkat adonan cimol dan tiriskan.

3. Menggoreng Adonan Cimol

Panaskan minyak dalam wajan. Goreng adonan cimol hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan goreng terlalu lama agar tidak gosong. Angkat adonan cimol dan tiriskan minyaknya.

Sekarang cimol siap disajikan. Cimol bisa dinikmati langsung atau disantap bersama sambal atau saus kesukaanmu. Selamat mencoba!

Cara Penyajian Cimol

Cara Penyajian Cimol

Cimol (acronym for aci digoreng kolesterol) merupakan camilan yang terbuat dari campuran tepung aci, bawang putih, bawang merah, dan garam. Cimol biasanya disajikan dengan berbagai macam topping, di antaranya cimol original, cimol pedas, cimol keju, dan cimol saus tomat.

Berikut adalah cara penyajian cimol dengan berbagai macam topping:

Cimol Original

1. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup.

2. Goreng cimol hingga matang dan berwarna kecoklatan.

3. Angkat dan tiriskan.

Cimol Pedas

1. Tambahkan cabai bubuk atau sambal pada adonan cimol sebelum digoreng.

2. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup.

3. Goreng cimol hingga matang dan berwarna kecoklatan.

4. Angkat dan tiriskan.

Cimol Keju

1. Giling keju parut hingga halus.

2. Setelah cimol matang digoreng, letakkan keju parut di atas cimol.

3. Panaskan kembali cimol yang sudah ditaburi keju di dalam oven atau panggangan hingga keju meleleh.

4. Angkat dan sajikan.

Cimol Saus Tomat

1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat saus tomat, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat.

2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

3. Tambahkan irisan cabai dan tomat, aduk rata dan masak hingga matang.

4. Setelah cimol matang digoreng, sajikan dengan saus tomat di atasnya.

Selamat mencoba!

Variasi Resep Cimol

Cimol atau aci digoreng adalah camilan khas Indonesia yang terbuat dari tepung kanji atau tapioka yang digoreng dengan bentuk bulat pipih. Cimol biasanya disajikan dengan sambal kacang sebagai pelengkapnya. Namun, kini cimol sudah berkembang dengan berbagai macam variasi isian yang membuat rasanya semakin nikmat. Berikut ini adalah beberapa variasi resep cimol yang bisa dicoba.

Cimol Isi Ayam

Cimol isi ayam adalah salah satu variasi kreasi cimol yang bisa dicoba. Cimol diisi dengan daging ayam cincang yang sudah dibumbui dengan bumbu yang lezat. Setelah itu, cimol bisa digoreng dengan minyak goreng panas sampai matang dan berwarna kecoklatan. Cimol isi ayam cocok disantap saat santai atau sebagai camilan saat nonton film.

Cimol Isi Ayam

Cimol Isi Sosis

Bagi penggemar sosis, cimol isi sosis bisa menjadi pilihan yang tepat. Caranya hampir sama dengan cimol isi ayam, namun yang diisi adalah sosis yang sudah dipotong-potong kecil. Setelah digoreng, cimol isi sosis bisa disajikan sebagai camilan saat berkumpul bersama teman-teman atau keluarga.

Cimol Isi Sosis

Cimol Isi Keju

Cimol isi keju adalah variasi cimol yang paling digemari oleh banyak orang. Keju yang meleleh di dalam cimol akan menambah kenikmatan saat disantap. Cimol isi keju bisa disajikan saat acara pesta atau saat santai di rumah bersama keluarga.

Cimol Isi Keju

Cimol Isi Coklat

Jika ingin mencoba variasi cimol yang manis, cimol isi coklat bisa menjadi pilihan yang tepat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan potongan coklat ke dalam adonan cimol sebelum digoreng. Setelah matang, cimol isi coklat bisa disajikan sebagai camilan saat kumpul-kumpul bersama teman-teman atau keluarga.

Cimol Isi Coklat

Tips dan Trik Membuat Cimol

Makanan ringan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, cimol adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji dan bahan-bahan lainnya yang dicampur dan digoreng hingga matang. Selain enak, cimol juga mudah dibuat di rumah dengan tips dan trik berikut:

Resep Cimol

1. Pilih Tepung Kanji yang Berkualitas

Tepung kanji menjadi bahan utama pembuatan cimol. Oleh karena itu, Anda harus memilih tepung kanji yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tepung kanji berkualitas bagus akan memberikan rasa cimol yang kenyal dan tidak mudah hancur saat digoreng.

2. Jangan Terlalu Banyak Menguleni Adonan

Agar adonan cimol tidak mudah hancur saat digoreng, jangan terlalu banyak menguleni adonan. Cukup uleni adonan hingga rata saja, lalu diamkan selama minimal 30 menit untuk mengembangkan rasa.

3. Istirahatkan Adonan Selama Minimal 30 Menit

Setelah diuleni, istirahatkan adonan selama minimal 30 menit agar adonan bisa mengembang dan rasanya lebih enak. Selama istirahat, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan lainnya seperti bawang goreng dan saus cimol.

4. Gunakan Air Dingin

Ketika membuat adonan cimol, gunakan air dingin untuk menghindari adonan menjadi terlalu lembek. Air dingin juga akan menghasilkan cimol yang kenyal dan tidak mudah hancur saat digoreng.

Dengan tips dan trik di atas, Anda bisa membuat cimol yang enak dan kenyal di rumah. Selamat mencoba!

Rekomendasi Tempat Terbaik Makan Cimol

Bagi kamu yang suka dengan makanan ringan, pasti sudah tidak asing lagi dengan cimol. Cimol atau aci digoreng ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk makan cimol di Indonesia:

rekomendasi tempat terbaik makan cimol

Cimol Bapak Darmo

Cimol Bapak Darmo adalah tempat makan cimol yang terletak di kawasan Jl. Darmo Kali Surabaya. Tempat ini sudah berdiri sejak 1970-an dan terkenal dengan rasa cimolnya yang enak dan renyah. Kamu bisa membeli cimol Bapak Darmo dengan harga yang terjangkau.

Cimol Pak Salim

Cimol Pak Salim terletak di kawasan Jalan Ahmad Yani, Bandung. Tempat ini juga sudah terkenal sejak lama dengan cimolnya yang enak dan renyah. Kamu bisa membeli cimol Pak Salim dengan harga yang terjangkau.

Cimol Tuk Tuk

Cimol Tuk Tuk adalah tempat makan cimol yang terletak di kawasan Tuk Tuk, Danau Toba. Tempat ini juga terkenal dengan cimolnya yang enak dan renyah. Kamu bisa membeli cimol Tuk Tuk dengan harga yang terjangkau.

Cimol Cak Akim

Cimol Cak Akim terletak di kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Tempat ini juga terkenal dengan cimolnya yang enak dan renyah. Kamu bisa membeli cimol Cak Akim dengan harga yang terjangkau.

Cimol adalah camilan yang sangat populer di Indonesia. Camilan ini terbuat dari tepung tapioka dan bahan-bahan lain seperti bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Cimol sangat lezat dan mudah dibuat. Banyak orang yang suka memasak camilan ini untuk keluarga atau acara kumpul-kumpul.

Resep cimol sangat mudah dan sederhana. Pertama-tama, campurkan tepung tapioka dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan penyedap rasa. Tambahkan air secukupnya dan aduk rata sampai adonan bisa dipulung. Setelah itu, ambil adonan dan bentuk bulat-bulat. Goreng cimol hingga kuning kecoklatan dan tiriskan.

Cimol sangat cocok dinikmati sebagai camilan sore atau sebagai teman makan nasi. Camilan ini bisa disajikan dengan berbagai macam saus, seperti saus tomat, saus sambal, atau saus keju.

Kesimpulannya, cimol adalah camilan yang sangat lezat dan mudah dibuat. Camilan ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau di acara kumpul-kumpul. Resep cimol sangat mudah dan sederhana, sehingga siapapun bisa membuatnya di rumah. Jangan lupa mencoba resep cimol yang sudah banyak tersedia di internet.

Referensi untuk Mencari Resep Masakan Terbaik

Jika kamu sedang mencari referensi untuk mencari resep masakan terbaik, beberapa website yang bisa kamu kunjungi adalah:

1. MasakApaHariIni.com

Merupakan salah satu website terbaik di Indonesia yang menyajikan berbagai macam resep masakan dari mulai makanan berat, makanan ringan, sampai dengan minuman. Selain itu, website ini juga memberikan informasi seputar tips memasak dan berbagai bahan makanan yang dapat digunakan dalam masakan.

2. Fimela.com

Bukan hanya mengenai kecantikan dan fashion, Fimela.com juga menyajikan berbagai resep masakan yang bisa kamu coba di rumah. Di sini kamu dapat menemukan resep untuk makanan sehari-hari, makanan untuk acara spesial, hingga resep kue yang bisa dibuat di rumah.

3. Kompas.com

Situs berita terkemuka ini juga menyajikan rubrik khusus yang berisi resep masakan yang bisa kamu coba di rumah. Di sini kamu dapat menemukan resep tradisional Indonesia, masakan dari berbagai negara, hingga resep vegetarian yang cocok bagi kamu yang sedang menjalankan pola makan tertentu.

Referensi Resep Masakan

Dengan mengunjungi website-website tersebut, kamu dapat menemukan berbagai macam resep masakan yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Resep Cimol