Cara Membuat Bubur Sumsum yang Enak dan Mudah

Posted on

Bubur sumsum adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat. Bubur sumsum terbuat dari tepung ketan yang dipadatkan menjadi adonan yang memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.

Rasa manis yang lezat ditambah dengan kelapa parut yang gurih menjadi kombinasi yang sempurna untuk menciptakan cita rasa yang khas pada bubur sumsum. Biasanya bubur sumsum disajikan dengan kuah santan cair yang manis dan sedikit gurih, serta gula merah dan daun pandan untuk memberikan aroma yang enak.

Bubur sumsum sangat populer di Indonesia, terutama sebagai sarapan atau cemilan. Banyak warung makan dan penjual kaki lima yang menjual bubur sumsum sebagai menu andalan mereka. Selain itu, bubur sumsum juga biasa dijadikan sebagai hidangan saat acara-acara tertentu, seperti pernikahan atau acara keluarga.

Untuk membuat bubur sumsum, caranya sangat mudah. Pertama-tama, tepung ketan dicampurkan dengan air dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian adonan diletakkan di atas daun pisang dan dikukus hingga matang. Setelah matang, adonan dipotong-potong dan disajikan dengan kuah santan cair, gula merah, kelapa parut, dan daun pandan.

Cara membuat bubur sumsum

Sekarang kamu sudah tahu tentag bubur sumsum, salah satu makanan khas Indonesia yang sangat lezat dan populer. Jangan ragu untuk mencoba membuatnya di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman!

Bahan-bahan dalam Membuat Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan, air, gula merah, santan, dan daun pandan. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing bahan:

Beras ketan

Beras ketan adalah beras yang memiliki kadar amilopektin lebih tinggi daripada beras biasa. Beras ketan digunakan untuk membuat bubur sumsum karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Selain itu, beras ketan juga menghasilkan pati yang lebih banyak sehingga bubur sumsum akan lebih kental.

Air

Air adalah bahan yang sangat penting dalam membuat bubur sumsum. Air digunakan untuk merebus beras ketan dan gula merah sehingga beras ketan menjadi matang dan gula merah larut.

Gula merah

Gula merah adalah gula yang terbuat dari nira kelapa atau tebu. Gula merah digunakan sebagai pemanis pada bubur sumsum. Selain itu, gula merah juga memberikan warna coklat pada bubur sumsum.

Santan

Santan adalah cairan yang dihasilkan dari parutan kelapa. Santan digunakan untuk memberikan rasa gurih pada bubur sumsum. Selain itu, santan juga membuat bubur sumsum lebih kental dan creamy.

Daun pandan

Daun pandan adalah daun yang sering digunakan sebagai bahan penyedap pada makanan Indonesia. Daun pandan digunakan pada bubur sumsum untuk memberikan aroma yang harum dan segar.

Cara membuat bubur sumsum

Persiapan Bahan

Read more:

Ilustrasi Bubur Sumsum

Sebelum memasak bubur sumsum, ada beberapa persiapan bahan yang perlu dilakukan. Berikut adalah informasi mengenai persiapan bahan yang perlu dilakukan sebelum memasak bubur sumsum:

Pembersihan Beras Ketan

Beras ketan merupakan bahan utama yang digunakan dalam membuat bubur sumsum. Sebelum digunakan, pastikan beras ketan telah dibersihkan dengan baik. Caranya, cuci beras ketan dengan air bersih sampai air yang keluar bening. Setelah itu, rendam beras ketan dalam air bersih selama minimal 2 jam.

Merendam Beras Ketan

Setelah beras ketan dibersihkan, rendam beras ketan dalam air bersih selama minimal 2 jam. Rendam beras ketan dalam air yang cukup untuk menutupi semua beras ketan. Setelah 2 jam, tiriskan air dan beras ketan siap digunakan untuk membuat bubur sumsum.

Mencairkan Gula Merah

Gula merah adalah salah satu bahan yang digunakan dalam membuat bubur sumsum. Agar gula merah mudah dicampurkan dengan bubur sumsum, gula merah perlu dicairkan terlebih dahulu. Caranya, potong gula merah menjadi bagian kecil-kecil agar mudah dicairkan. Kemudian, tambahkan sedikit air dan panaskan gula merah di atas api kecil. Aduk gula merah sampai benar-benar cair dan tidak ada gumpalan.

Mengekstrak Santan dari Kelapa

Santan digunakan sebagai bahan pelengkap dalam membuat bubur sumsum. Santan bisa dibeli dalam kaleng atau dibuat sendiri dari kelapa parut. Caranya, parut kelapa dan tambahkan air secukupnya. Peras kelapa parut yang sudah dicampur dengan air tersebut. Air yang keluar disebut santan. Tambahkan air secukupnya, kemudian peras lagi untuk mendapatkan santan yang lebih encer. Santan siap digunakan untuk membuat bubur sumsum.

Proses Memasak Bubur Sumsum

Proses memasak bubur sumsum

Masak bubur sumsum adalah salah satu resep makanan yang umumnya disajikan sebagai makanan penutup. Bubur sumsum terbuat dari bahan utama nasi ketan dan santan yang dicampur dengan gula merah dan daun pandan. Berikut adalah proses memasak bubur sumsum yang mudah dan praktis.

1. Mengukur Nasi Ketan dan Air

Pertama-tama, ukur 1,5 cangkir nasi ketan dan 2 cangkir air. Cuci nasi ketan hingga airnya bersih. Rendam nasi ketan selama 2 jam.

2. Merebus Nasi Ketan dan Air

Masukkan nasi ketan yang telah direndam ke dalam panci dan tambahkan 2 cangkir air. Aduk rata. Rebus nasi ketan di atas api sedang hingga airnya habis dan nasi ketan setengah matang.

3. Menambahkan Gula Merah

Tambahkan 150 gram gula merah yang telah diiris ke dalam panci. Aduk hingga gula merah larut.

4. Menambahkan Daun Pandan

Masukkan 2 lembar daun pandan ke dalam panci dan aduk rata.

5. Menambahkan Santan

Tuang santan ke dalam panci dan aduk rata. Masak kembali di atas api sedang hingga santan meresap dan bubur sumsum matang.

6. Mengaduk dan Menjaga agar Tidak Lengket

Masak bubur sumsum sambil diaduk perlahan agar tidak lengket di bagian bawah panci.

7. Menunggu Bubur Sumsum Matang dan Siap Dihidangkan

Setelah matang, angkat panci dari kompor dan biarkan dingin. Bubur sumsum siap dihidangkan. Bubur sumsum ini enak disajikan dengan kinca atau taburan kelapa parut.

Variasi Rasa untuk Membuat Bubur Sumsum yang Lezat

Jika kamu bosan dengan rasa bubur sumsum biasa, kamu bisa mencoba menambahkan beberapa bahan untuk memberikan variasi rasa. Berikut adalah beberapa bahan yang bisa kamu tambahkan ketika membuat bubur sumsum:

1. Kelapa Parut

Penambahan kelapa parut akan memberikan rasa yang gurih dan aroma yang harum pada bubur sumsum. Kamu bisa menambahkan kelapa parut pada saat merebus santan atau pada saat memasak adonan tepung ketan. Jangan lupa untuk memilih kelapa parut yang masih segar agar rasanya lebih nikmat.

2. Garam

Penambahan garam pada bubur sumsum akan memberikan sedikit rasa asin yang menyegarkan dan meningkatkan rasa manis pada bubur sumsum. Kamu bisa menambahkan garam pada saat memasak adonan tepung ketan atau ketika memasak santan. Tapi, jangan terlalu banyak menambahkan garam agar rasanya tidak terlalu asin.

3. Wijen

Penambahan biji wijen pada bubur sumsum akan memberikan rasa yang gurih dan renyah pada tekstur bubur sumsum. Kamu bisa menambahkan biji wijen pada saat memasak adonan tepung ketan atau ketika merebus santan. Selain itu, biji wijen juga kaya akan nutrisi seperti serat, protein, dan lemak sehat.

4. Kacang Hijau atau Ketan Hitam

Penambahan kacang hijau atau ketan hitam pada bubur sumsum akan memberikan tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Kamu bisa menambahkan kacang hijau atau ketan hitam pada saat memasak adonan tepung ketan atau pada saat merebus santan. Selain itu, kacang hijau dan ketan hitam juga kaya akan nutrisi seperti serat, protein, dan vitamin.

Gambar bubur sumsum

Itulah beberapa bahan yang bisa kamu tambahkan untuk memberikan variasi rasa pada bubur sumsum. Kamu bisa mencoba satu atau beberapa bahan tersebut sesuai dengan selera dan kreasi kamu sendiri. Selamat mencoba!

Penyajian Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan santan kelapa. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau makanan ringan. Berikut adalah cara penyajian bubur sumsum:

Cara Penyajian Bubur Sumsum:

  1. Pertama-tama, masukkan bubur sumsum ke dalam mangkuk.
  2. Tuangkan kuah santan kelapa secukupnya di atas bubur sumsum.
  3. Tambahkan gula merah atau gula pasir sesuai selera.
  4. Sajikan bubur sumsum selagi masih hangat.

Pelengkap Bubur Sumsum:

Bubur sumsum biasanya disajikan dengan pelengkap seperti:

  • Kolang-kaling
  • Ati ampela goreng
  • Tape ketan
  • Emping
  • Jahe

Tempat Membeli Bubur Sumsum:

Anda dapat membeli bubur sumsum di pasar tradisional atau toko kue Indonesia. Beberapa toko online juga menyediakan bubur sumsum dalam kemasan siap saji.

Ilustrasi cara membuat bubur sumsum

Tips dan Trik Memasak yang Perlu Diketahui

Masak adalah tugas yang dilakukan hampir setiap hari oleh seorang ibu rumah tangga atau siapa saja yang suka memasak. Namun, tidak semua orang tahu tips dan trik untuk membuat masakan yang lezat dan sempurna. Berikut beberapa tips dan trik yang perlu diketahui saat memasak:

1. Menggunakan Panci Anti Lengket

Panci anti lengket sangat membantu dalam mempermudah proses memasak dan membersihkan panci. Gunakan panci anti lengket saat menggoreng, merebus, atau memasak makanan yang lengket seperti nasi atau pasta.

2. Memanaskan Santan Terlebih Dahulu

Sebelum memasak dengan santan, pastikan untuk memanaskannya terlebih dahulu. Hal ini akan membantu santan lebih mudah larut saat dimasak dan mencegah santan agar tidak pecah.

3. Menjaga Agar Nasi Ketan Tidak Terlalu Basah atau Kering

Untuk membuat nasi ketan yang sempurna, penting untuk menjaga konsistensi nasi ketan agar tidak terlalu basah atau kering. Pastikan untuk mengukur air dengan tepat ketika merebus nasi ketan dan jangan membuka tutup panci saat proses memasak.

4. Mengetahui Konsistensi yang Tepat

Setiap jenis masakan memiliki konsistensi yang tepat. Misalnya, jika membuat saus untuk pasta, pastikan saus memiliki konsistensi yang tidak terlalu kental atau terlalu encer. Untuk memastikan konsistensi yang tepat, gunakan takir atau sendok kayu untuk mengaduk masakan.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang perlu diketahui saat memasak. Dengan mengikuti tips dan trik ini, diharapkan hasil masakan akan lebih sempurna dan lezat.

Gambar Bubur Sumsum

Langkah-langkah membuat bubur sumsum yang telah dijelaskan sebelumnya cukup mudah untuk diikuti dan diaplikasikan di rumah. Dari memilih bahan-bahan yang berkualitas, hingga proses memasak yang tepat, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Setelah membaca artikel ini, dapat disimpulkan bahwa cara membuat bubur sumsum tidak hanya mudah, tetapi juga menghasilkan makanan yang lezat dan bergizi. Penting untuk mengikuti resep dan petunjuk dengan teliti agar hasil akhirnya sesuai dengan harapan.

Namun, pandangan pribadi penulis adalah bahwa tidak ada salahnya untuk bereksperimen dengan bahan-bahan dan rasa yang berbeda. Mengganti susu sapi dengan susu almond atau menambahkan topping buah-buahan segar dapat memberi variasi pada bubur sumsum yang biasa.

Dalam kesimpulannya, membuat bubur sumsum adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Selain menghasilkan makanan yang lezat dan bergizi, proses membuatnya sendiri juga dapat menjadi momen menyenangkan bersama keluarga atau teman.

Referensi untuk Memperluas Pengetahuan Masakan Indonesia

Untuk memasak masakan Indonesia yang lezat dan autentik, referensi sangat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa sumber pembelajaran dan buku referensi yang dapat membantu memperluas pengetahuan tentang masakan Indonesia:

Sumber Pembelajaran

Ada banyak sumber pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempelajari masakan Indonesia. Beberapa sumber yang dapat diandalkan adalah:

  • Video tutorial di YouTube
  • Website resep masakan Indonesia
  • Buku masak yang ditulis oleh koki Indonesia terkenal
  • Pelatihan masak di tempat-tempat tertentu

Buku Referensi tentang Masakan Indonesia

Berikut adalah beberapa buku referensi yang dapat digunakan untuk mempelajari lebih dalam tentang masakan Indonesia:

  • Buku “Indonesian Cooking” karya Dina Yuen
  • Buku “Masakan Nusantara” karya Bondan Winarno
  • Buku “Memasak Ikan di Rumah” karya William Wongso
  • Buku “Keluarga Makanan Indonesia” karya Chef Ragil Imam Wibowo

Ilustrasi cara membuat bubur sumsum

Dengan referensi yang baik dan lengkap, seseorang dapat memasak masakan Indonesia dengan lebih mudah dan akurat. Selain itu, mempelajari masakan Indonesia dapat menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Selamat memasak!

Sumber Gambar: Pentingnya Kredit Gambar di Internet

Saat membuat artikel atau konten digital lainnya, penggunaan gambar adalah hal yang umum dilakukan untuk memperkaya tampilan dan memberikan ilustrasi pada pembaca. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan gambar juga memiliki aturan atau etika yang harus diikuti, salah satunya adalah menyertakan kredit gambar atau sumber gambar.

Sumber gambar yang digunakan dalam artikel dapat berasal dari berbagai sumber, seperti gambar yang diambil oleh pengguna sendiri, gambar milik perusahaan atau institusi yang bersangkutan, atau gambar yang diambil dari internet. Untuk gambar yang diambil dari internet, penting untuk memerhatikan hak cipta dan lisensi gambar tersebut.

Ketika menggunakan gambar dari internet, pastikan untuk mencantumkan kredit gambar yang sesuai. Kredit gambar dapat berupa nama fotografer atau pengambil gambar, situs web atau platform tempat gambar ditemukan, atau judul gambar jika memungkinkan. Dengan memberikan kredit gambar yang jelas, maka pengguna gambar dapat dihargai dan penggunaan gambar dapat dianggap sah.

Berikut adalah contoh kredit gambar yang diambil dari internet:

Gambar diambil dari https://tse1.mm.bing.net/th?q=Sumber Gambar cara membuat bubur sumsum

Dalam penggunaan gambar, perlu diingat bahwa penggunaan gambar tanpa izin atau melanggar hak cipta dapat berdampak buruk pada pengguna dan pihak terkait. Oleh karena itu, penggunaan gambar harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan dengan memperhatikan aturan dan etika yang berlaku.

Dengan mengikuti aturan dan etika dalam penggunaan gambar, maka penggunaan gambar dapat memberikan manfaat yang besar dalam memperkaya konten digital dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pembaca.

Cara Membuat Bubur Sumsum