Resep Dimsum Ayam yang Lezat dan Mudah

Posted on

Pengenalan tentang Dimsum Ayam

Dimsum ayam adalah salah satu jenis makanan khas Tiongkok yang terkenal di seluruh dunia. Dimsum adalah makanan kecil yang biasanya disajikan di pagi hari atau sebagai makanan ringan di siang hari. Dimsum ayam terbuat dari daging ayam cincang yang dicampur dengan bahan-bahan yang khas seperti bawang putih, jahe, dan saus tiram. Adonan dimsum ayam dibungkus dengan kulit pangsit yang tipis dan kemudian dikukus sampai matang.

Asal Usul Dimsum Ayam

Dimsum berasal dari provinsi Guangdong di Tiongkok selatan. Makanan ini awalnya hanya disajikan di restoran-restoran kecil dan dijual oleh para pedagang kaki lima. Namun, seiring dengan popularitasnya yang semakin meningkat, dimsum akhirnya menjadi salah satu makanan yang paling terkenal di Tiongkok dan di seluruh dunia.

resep dimsum ayam

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT DIMSUM AYAM

Bahan-bahan untuk membuat dimsum ayam

Bahan-bahan utama:

  • 250 gram daging ayam giling
  • 150 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 ml air es
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1/2 sdt garam

Bahan-bahan pendukung:

Read more:

  • Daun bawang, iris halus
  • 2 butir telur, rebus dan iris tipis
  • Jahe, iris halus
  • Cabe rawit merah, iris halus
  • Kecap manis, saus sambal, atau saus tomat untuk dipotong

Cara membuat dimsum ayam:

  1. Campurkan semua bahan utama dalam sebuah mangkuk besar dan aduk rata.
  2. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Setelah itu, ambil beberapa adonan dan pipihkan dengan jari-jari tangan.
  4. Tambahkan 1/2 sdt adonan isi di tengahnya dan rapatkan pinggirnya.
  5. Ulangi hingga adonan habis. Sisihkan.
  6. Rendam kukusan dalam air mendidih selama 5 menit.
  7. Susun dimsum di dalam kukusan dan kukus selama 10-15 menit.
  8. Angkat dan sajikan bersama bahan pendukung yang sudah dipotong dan saus pilihan.

Selamat mencoba!

CARA MEMBUAT DIMSUM AYAM SENDIRI DI RUMAH

Resep Dimsum Ayam

Dimsum merupakan salah satu camilan khas dari Tiongkok yang kini sudah sangat populer di seluruh dunia. Salah satu jenis dimsum yang paling terkenal adalah dimsum ayam yang memiliki rasa yang lezat. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat dimsum ayam sendiri di rumah, berikut adalah cara membuatnya:

Persiapan Bahan-Bahan:

  • 100 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram tepung kanji/tepung sagu
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya
  • 150 gram daging ayam cincang halus
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay cincang halus
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Daun bawang iris tipis untuk taburan

Cara Membuat Kulit Dimsum:

  1. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, dan garam dalam wadah. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  2. Gilas adonan hingga setebal kertas dengan ketebalan kurang lebih 1-2 mm.
  3. Potong adonan menjadi lingkaran dengan diameter kurang lebih 7 cm menggunakan cutter.

Cara Membuat Isi Ayam:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  2. Tambahkan daging ayam cincang halus dan aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.

Cara Menggulung Dimsum:

  1. Ambil satu lingkaran kulit dimsum. Letakkan 1-2 sendok teh isi ayam di tengahnya.
  2. Lipat kedua ujung kulit dimsum ke arah tengah dan tekan-tekan hingga melekat.
  3. Rapikan pinggiran kulit dimsum dan beri lipatan-lipatan kecil pada bagian atas.
  4. Lakukan langkah yang sama hingga semua bahan habis.
  5. Kukus dimsum selama kurang lebih 10-15 menit hingga matang.
  6. Taburi dimsum dengan daun bawang iris tipis. Sajikan dimsum ayam selagi masih hangat.

Semoga resep ini dapat membantu Anda dalam membuat dimsum ayam yang enak dan lezat. Selamat mencoba!

TIPS DAN TRIK: Membuat, Memasak, dan Menghidangkan Dimsum Ayam yang Lezat

resep dimsum ayam

Dimsum merupakan salah satu hidangan khas Tiongkok yang semakin populer di Indonesia. Biasanya dimsum disajikan sebagai makanan ringan atau cemilan. Namun, banyak juga yang menyukai dimsum sebagai hidangan utama. Berikut ini adalah tips untuk membuat, memasak, dan menghidangkan dimsum ayam yang lezat.

Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lembut

Untuk membuat kulit dimsum yang lembut, gunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein tinggi. Tepung terigu jenis ini biasanya digunakan untuk membuat roti atau kue. Selain itu, pastikan pengadukan adonan kulit dimsum dilakukan dengan baik sampai adonan tercampur rata dan kalis. Setelah itu, diamkan adonan selama 30 menit sebelum digunakan.

Tips Memasak Dimsum

Untuk memasak dimsum, gunakan panci pengukus. Pastikan air dalam panci sudah mendidih sebelum dimsum dimasukkan. Susun dimsum diatas daun pisang atau alas spons yang sudah dipotong-potong sesuai ukuran panci pengukus. Jangan menumpuk dimsum terlalu banyak agar tidak saling menempel saat dimasak. Diamkan dimsum selama 10-15 menit hingga matang sempurna.

Tips Menghidangkan Dimsum Ayam

Untuk menyajikan dimsum ayam yang lezat, siapkan saus yang cocok untuk dimsum seperti saus tiram atau saus chili. Susun dimsum diatas piring saji dan beri potongan daun bawang atau seledri diatasnya agar lebih segar dan nikmat. Dimsum ayam juga bisa disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan nikmat.

VARIASI DIMSUM AYAM

Dimsum adalah makanan khas dari China yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi dengan beragam bahan seperti ayam, udang, sayuran, dan lain sebagainya. Dimsum ayam merupakan salah satu jenis dimsum yang paling populer. Berikut adalah beberapa variasi dimsum ayam yang bisa dicoba:

1. Dimsum Ayam Jamur

Dimsum ayam jamur merupakan dimsum yang diisi dengan campuran daging ayam cincang dan jamur yang sudah diiris halus. Isian ini kemudian dibungkus dengan adonan tepung dan direbus atau dikukus. Dimsum ini memiliki rasa gurih dan aroma yang sedap.

2. Dimsum Ayam Kecap

Jika Anda ingin mencoba varian dimsum ayam yang lebih manis, Anda bisa mencoba dimsum ayam kecap. Isian dimsum ini terdiri dari daging ayam cincang yang dicampur dengan kecap manis, bawang putih, dan bawang bombay. Dimsum ini kemudian dibungkus dengan adonan tepung dan dikukus atau digoreng hingga matang.

3. Dimsum Ayam Wortel

Dimsum ayam wortel adalah varian dimsum yang lebih sehat karena menggunakan wortel sebagai salah satu bahan isian. Selain itu, dimsum ini juga biasanya ditambahkan dengan daun bawang, bawang putih, dan bawang bombay untuk memberikan rasa yang lebih enak. Dimsum ayam wortel ini juga cocok untuk Anda yang sedang melakukan diet sehat.

Resep Dimsum Ayam

Itulah beberapa variasi dimsum ayam yang bisa dicoba. Selamat mencoba!

Tempat Makan Dimsum Ayam Terbaik

Jika kamu penggemar dimsum ayam, kamu harus mencoba tempat makan dimsum ayam terbaik di kota. Tempat ini menawarkan berbagai macam pilihan dimsum ayam yang lezat.

resep dimsum ayam

Menu dimsum ayam yang disajikan di tempat ini sangat beragam, mulai dari siomay, pangsit, hingga lumpia ayam. Semua dimsum ayam yang disajikan sangat lezat dan dijamin akan memuaskan selera kamu.

Bukan hanya rasa yang lezat, tempat ini juga menawarkan suasana yang nyaman dan cozy untuk kamu dan keluarga atau teman-teman kamu. Kamu akan dimanjakan dengan suasana yang tenang dan pelayanan yang ramah dari para staf.

Kombinasi Dimsum Ayam dengan Minuman yang Cocok

Agar pengalaman makan kamu semakin lengkap, kamu tentu memerlukan minuman yang cocok untuk menemani dimsum ayam kamu. Ada beberapa minuman yang cocok untuk dijadikan teman makan dimsum ayam kamu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Teh Oolong
  • Teh Hijau
  • Lemon Tea

Teh Oolong dan Teh Hijau cocok karena kedua minuman ini memiliki rasa yang segar dan tidak terlalu manis, sehingga tidak akan mengganggu rasa dimsum ayam kamu. Sedangkan Lemon Tea cocok karena rasanya yang asam dapat membantu menetralkan rasa dari lemak pada dimsum ayam yang kamu makan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi tempat makan dimsum ayam terbaik dan coba kombinasikan dengan minuman yang cocok untuk pengalaman makan yang tak terlupakan!

Kesimpulan:

Dalam artikel ini telah dibahas mengenai resep dimsum ayam yang mudah dan praktis untuk dibuat di rumah. Dimsum ayam merupakan salah satu hidangan tradisional yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Dalam membuat dimsum ayam, diperlukan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Saran:

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam pembuatan dimsum ayam, disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik. Selain itu, pastikan juga untuk mengikuti langkah-langkah secara teliti agar dimsum ayam yang dihasilkan dapat memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang lezat. Selamat mencoba!

Ilustrasi dimsum ayam

Resep Dimsum Ayam